PERAYAAN HARI PARIWISATA SEDUNIA (TOURISM DAY) KOTA SIBOLGA DIRANGKAI FESTIVAL KULINER JAJANAN SIBOLGA TAHUN 2018

Admin |

Hai...Pembaca dan Pencinta Kota Sibolga,

Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Sibolga melaksanakan Event Tahunan pada hari Rabu tanggal 28 Nopember 2018, berlokasi di Jl. S. Parman – Depan Kantor KPU Kota Sibolga. Dan event tersebut adalah Puncak Hari Pariwisata Sedunia Kota Sibolga Tahun 2018.

Pembaca, Dasar Pelaksanaan kegiatan adalah Surat Keputusan Walikota Sibolga Nomor : 556/41.a/2018 tanggal 16 Nopember 2018 tentang Pembentukan Panitia  Kegiatan Pelaksanaan Puncak Hari Pariwisata Kota Sibolga Tahun 2018.

Kegiatan ini didasari dengan latar belakang bahwa Hari Pariwisata sedunia (World tourism Day / WTD) telah memasuki tahun ke-48 sejak ditetapkan di Negara Spanyol di tahun 1970. Diresmikannya hari pariwisata dilatarbelakangi akan pentingnya sumbangsih pariwisata, nilai budaya politik dan sosial dalam pembangunan suatu negara. Bukan hanya negara maju namun negara-negara berkembang pun turut merayakan Hari pariwisata Dunia. Untuk itu, Kota Sibolga pada hari ini juga turut ambil bagian dalam merayakan dan memeriahkan Hari Pariwisata Sedunia tahun 2018.

Tema yang diusung adalah “Tourism and The Digital Transformation)” (Pariwisata dan Transformasi Teknologi Digital).

Dan sub Tema “Melalui Peringatan Hari Pariwisata Dunia Tingkat Kota Sibolga Tahun 2018, mari kita jadikan pariwisata Kota Sibolga sebagai salah satu sektor utama pembangunan berkelanjutan menuju Kota Sibolga yang Maju, Sejahtera dan Berdaya Saing”.

Sedangkan Tujuan pelaksanaan rangkaian kegiatan adalah :

  1. Mengangkat kembali keunikan dan kearifan lokal daerah Kota Sibolga sebagai daya tarik wisata bagi peningkatan jumlah kunjungan wisata ke Kota Sibolga;

  2. Meningkatkan pembangunan sektor kepariwisataan Kota Sibolga sehingga dapat berperan penting dalam peningkatan ekonomi kerakyatan dan pembangunan perekonomian daerah Kota Sibolga;

  3. Mempromosikan potensi keindahan alam dan objek-objek wisata di Kota Sibolga mulai dari wisata bahari sebagai wisata andalan, wisata pegunungan, wisata sejarah dan kuliner.

  4. Memberi ruang bagi Kaum Kreatif Kota Sibolga untuk bersama mebangun sektor pariwisata dan memajukan ekonomi kreatif di Kota Sibolga.

Pencinta Kota Sibolga, rentetan proses pelaksanaan kegiatan pada Pelaksanaan Puncak Acara Hari Pariwisata Kota Sibolga Tahun 2018 yang dihadiri langsung oleh Walikota  dan Wakil Walikota Sibolga, Ibu Ketua TP. PKK dan Wakil Ketua TP. PKK Kota Sibolga, Unsur Forkopimda, Kepala SKPD, Camat – Lurah, Ketua Dharma Wanita Persatuan, Ketua GOW, Ketua TP.PKK Kecamatan dan Kelurahan se-Kota Sibolga, Pengusaha Pariwisata se-Kota Sibolga, Ketua-Ketua 15 Etnis, Anggota Pokdarwis 17 Kelurahan se-Kota Sibolga, dan masyarakat Kota Sibolga.

Rangkaian pelaksanaan acara sebagai berikut :

- Acara dibuka dengan Tarian Persembahan dari Culture Dance Company dan

- Sanggar Putri Runduk;

- Pembukaan oleh MC dilanjutkan dengan Doa dipandu Kemenag. Kota Sibolga;

- Laporan Ketua panitia pelaksana oleh Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Sibolga;

- Sambutan Bapak Walikota Sibolga dilanjutkan pelepasan burung dara oleh Bapak Walikota dan Wakil walikota Sibolga didampingi unsur Forkopimda Kota Sibolga;

- Kemudian acara dilanjutkan dengan penampilan Zapin dari Sanggar Putri Runduk;

- Penampilan Karnaval Kreatif dan 15 Etnis;

- Atraksi selanjutnya adalah Penampilan Tarian Permainan selanjutnya Tarian massal/Kolosal;

- Acara dilanjutkan dengan Peninjauan ke Festival Jajanan Kuliner Sibolga dengan makan bersama masyarakat untuk  menikmati seluruh hidangan jajanan khas Kota Sibolga.

- Kemeriahan acara ditutup dengan berfoto bersama Karnaval Etnis dan masyarakat Kota Sibolga.

ohya..jangan lupa untuk melihat galeri foto kegiatan ini ya,,,terimakasih dan horas...oii dusanak

 




Sibolga Tempoe Doeloe
Disparpora Sibolga
  • icon Jl. Dr.F.L Tobing No. 44 Sibolga
  • icon (0631) 23132
  • icon info@pemkosibolga.com

Copyright © 2019 Disparpora Sibolga.