PAGELARAN ATRAKSI SENI KOLABORASI LUAR PROPINSI PADA RAKERNAS XII APEKSI TAHUN 2018

Haiiii seluruh pemerhati pembangunan pariwisata Kota Sibolga,

Salah satu kegiatan dalam pengembangan pariwisata Kota Sibolga adalah Pagelaran Atraksi Seni  Kolaborasi. Dan tahun ini pagelaran dilaksanakan pada Rakernas XIII Apeksi Tahun 2018 yang berlangsung pada Hari Rabu  tanggal 25 Juli  2018, pukul 13.30 Wib s/d selesai bertempat di Jalan Yos Sudarso, Tarakan, Kalimantan Utara.

Maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan adalah:

  1. Salah satu upaya untuk mengembangkan Atraksi Seni Kolaborasi sebagai Daya Tarik Pariwisata. Kota Sibolga kaya akan berbagai etnis yang dikenal dengan sebutan Negeri Berbilang Kaum. Keanekaragaman inilah yang dipandang sebagai salah satu Potensi yang dapat dikembangkan sebagai Daya Tarik Pariwisata melalui Pagelaran  Atraksi Seni Kolaborasi dari berbagai multi etnis tersebut.
  2. Mempromosikan Seni dan Budaya sebagai salah satu Daya Tarik  Pariwisata. Dengan Pagelaran ini diharapkan masyarakat Indonesia lebih tertarik lagi untuk datang dan berkunjung ke Kota Sibolga yang kaya akan keberagaman dan memiliki berbagai destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi.

Yang mengisi acara pada kegiatan Pagelaran Atraksi Kolaborasi Luar Propinsi pada  RAKERNAS XIII APEKSI Tahun 2018 adalah Ogek dan Uning Duta Wisata Kota Sibolga dan Sanggar KAMISTA yang menampilkan Pawai Budaya dengan Tema ‘Sibolga Negeri Berbilang Kaum, Perekat Umat Beragama”

Adapun rangkaian pelaksanaan kegiatan adalah “

  • Pada hari Selasa tanggal 24 Juli 2018 pukul 14.00 Wita dilaksanakan Technical Meeting di Kantor Walikota Tarakan membahas persiapan acara Pawai Budaya Apeksi 2018 .
  • Pada hari Rabu tanggal 25 Juli 2018 pukul 10.00 Wita diawali dengan berkumpulnya para peserta Pawai Budaya di Simpang Jalan Yos Sudarso Kota Tarakan untuk menentukan tempat Posisi Pawai.
  • Acara dimulai pada pukul 13.30 Wita, para Peserta Pawai Budaya yang terdiri dari Ogek Uning Kota Sibolga, Sanggar KAMISTA dan Official Kantor telah mengenakan Pakaian Karnaval dan Pakaian Adat Etnis yang ada di Kota Sibolga.
  • Selama berlangsungnya acara pawai, para Peserta Pawai Kota Sibolga menampilkan tarian tarian Etnis Kolaborasi yang ada di Kota Sibolga untuk menghibur para penonton yang hadir.
  • Selanjutnya para Peserta Pawai Budaya yang membawa ulos Batak berjalan kaki dari Simpang  Jalan Yos Sudarso menuju Panggung Utama.
  • Sesampainya di Panggung Utama, peserta pawai budaya menampilkan tarian Siceret sebagai tarian persembahan kepada para Walikota SeIndonesia yang hadir sekaligus memperkenalkan budaya Sibolga.
  • Kemudian penyerahan Ulos Batak dari Walikota  dan Wakil Walikota Sibolga kepada Walikota  Tarakan dan Ketua APEKSI Indonesia  sebagai Cinderamata dari Pemerintah Kota Sibolga.
  • Selanjutnya peserta pawai berjalan menuju Masjid AlMaarif Kota Tarakan untuk melakukan sesi foto bersama Walikota Sibolga dan masyarakat yang ingin berfoto bersama dengan para peserta Pawai. Nah..silahkan buka galeri kami untuk foto-foto kegiatan ini ya...terimakasih...

TOP