Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Sibolga gelar rapat koordinasi persiapan event olahraga Hari Jadi Sibolga ke-318

Admin |

Selasa (06/03) Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Sibolga mengadakan rapat koordinasi bersama SKPD dan Instansi terkait untuk membahas persiapan Event Olahraga Hari Jadi Sibolga ke-318. Rapat yang berlangsung di ruang kerja Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Sibolga dihadiri oleh 25 orang perwakilan dari berbagai Instansi dan SKPD Kota Sibolga yaitu Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup, Dinas Kesehatan, Dinas Kominfo, Dinas Perhubungan, Polres, TNI, LANAL, Satpol PP, BPBD, PDAM, Federasi Triathlon Indonesia (FTI) Sibolga serta Ikagor dan Isori Kota Sibolga.

Dimediasi Bidang Keolahragaan, Rapat dipimpin langsung oleh Bapak H. Haslan Efendy S. Sos, MM selaku Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga membicarakan rencana, persiapan, koordinasi dan konsolidasi bersama SKPD/Instansi terkait untuk menyukseskan event olahraga yang akan diselenggarakan pada tanggal 24 Maret sampai 26 Maret 2018 dengan materi Fun Bike, Lomba Terompah antar kelurahan, Lomba Lari 5 K, Lomba Renang Perairan Terbuka dan ajang besar Lomba Triathlon Tingkat Nasional.

Dalam sambutannya membuka rapat, Kadis mengungkapkan rasa terima kasih dan apresiasinya kepada seluruh SKPD dan Instansi yang telah berhadir memenuhi undangan dan berharap kerja sama ini menemukan sinergitas yang berbuah kesuksesan acara dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Sibolga tahun 2018.

“Terima kasih kepada Bapak Ibu yang telah berkenan hadir, pertemuan ini dimaksudkan untuk membicarakan beberapa hal yang kita anggap perlu dibahas terkait pelaksanaan Event Olahraga Hari Jadi Sibolga ke-318. Dalam hal ini ada berbagai macam perlombaan yang kita gelar dan yang menjadi perhatian lebih adalah Perlombaan Sibolga Nauli Triathlon Tingkat Nasional karena ajang ini merupakan gengsi kedaerahan dan selayaknya kita semua sebagai unsur pemerintahan mencerminkan kemartabatan Kota Sibolga dalam pagelaran ini karena kita semua akan menjadi sorotan dalam lomba yang berskala nasional. Bagaimanapun kita akan kedatangan banyak tamu dari luar daerah dan kita berharap bisa memberikan kesan yang bagus kepada mereka terkait mutu acara, kesiapan dan pelayanan serta nilai-nilai potensi kepariwisataan Kota Sibolga yang nantinya akan diceritakan oleh para tamu setelah pulang kedaerahnya”. Tutur Kadis.

Adapun notulen hasil rapat koordinasi sebagai berikut:

  1. Dinas Pekerjaan Umum diharapkan agar memperbaiki jalan rusak yang menjadi rute para atlet Triathlon.
  2. Disperindag agar menyarankan kepada pedagang di areal Pelabuhan Lama untuk membuat nama usaha dagangnya demi keterjaminan konsumen serta mengamankan stand pameran yang dilalui oleh peserta Triathlon di Jl. Ade Irma Suryani (Tidak boleh memasang taratak di sepanjang jalan Ade Irma Suryani pada Minggu (25/03) sampai pukul 12.00 WIB).
  3. Dinas Kominfo diharapkan membantu Disparpora dalam hal dokumentasi dengan peralatan drone dan kamera video untuk membuat dokumenter lomba Triathlon yang lebih menarik. Serta meliput seluruh kegiatan event olahraga yang dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Sibolga.
  4. Dinas Perikanan diharapkan agar segera memperbaiki Letter Neon “Sibolga Kota Ikan” di areal Pelabuhan Lama karena merupakan ikon kota yang ingin ditunjukkan.
  5. Polres Sibolga menyarankan agar Disparpora Kota Sibolga mengusulkan pembangunan pos polisi untuk polisi pariwisata.
  6. Melakukan sosialisasi kepada Kecamatan Sibolga Kota dan Kecamatan Sibolga Utara untuk berpartisipasi dalam memeriahkan Event Olahraga serta gotong royong (Jum’at Bersih) pada tanggal 23 Maret 2018 untuk membersihkan areal Pelabuhan Lama sebagai tempat penyelenggaraan event olahraga Hari Jadi Sibolga.
  7. Polres, TNI, Satpol-PP dan Dishub siap mengamankan titik rawan pada lomba Triathlon.
  8. Dinas PKPLH agar menyediakan mobil toilet di area Pelabuhan Lama dan membersihkan area sebelum, saat acara berlangsung dan sesudah acara
  9. PDAM agar menyiapkan pos guyur untuk Triathlon yang memenuhi standar nasional.
  10. LANAL Sibolga siap menurunkan 2 (dua) unit kapal serta personil mengamankan atlet di tengah laut.
  11. BPBD siap menurunkan armada kapal 2 (dua) unit dan perahu karet 2 (dua) unit.
  12. Dinas Kesehatan melengkapi segala peralatan medis dengan membagi tim yang stand by di pinggir pantai, di areal Pelabuhan Lama, disetiap titik pos guyur dan ikut mengiring renang karena pertimbangan emergency tindakan cepat pada insiden yang terjadi di laut. Obat, tandu, tabung oksigen dan Ambulance  disiapkan.

Senada dengan Kadis Disparpora-Kabid Keolahragaan, Rio Nauli Tambunan SAP menyampaikan bahwa betapa pentingnya kerjasama ini untuk menyukseskan acara.

“Kami menyadari bahwa Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga mustahil bisa melaksanakan acara secara maksimal tanpa bantuan Bapak Ibu sekalian. Terima kasih kami sampaikan sebelumnya atas informasi, usul, saran dan kebijakan yang telah Bapak Ibu sampaikan. Kita berharap semoga kita semua dapat melaksanakannya dengan penuh tanggung jawab dan semangat dalam memeriahkan Hari Jadi Kota Sibolga ke-318 tahun 2018 ini.” Tutup Kabid.

Acara Perlombaan Triathlon tingkat Nasional pada Event Olahraga dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Sibolga ke-318 tahun 2018 ini rencanya akan dihadiri oleh Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia serta Mark Sungkar selaku Presiden Federasi Triathlon Indonesia (FTI) beserta pengurus FTI se-Sumatera. 




Sibolga Tempoe Doeloe
Disparpora Sibolga
  • icon Jl. Dr.F.L Tobing No. 44 Sibolga
  • icon (0631) 23132
  • icon info@pemkosibolga.com

Copyright © 2019 Disparpora Sibolga.