OGEK UNING DUTA PARIWISATA 2017 SIAP BERTUGAS PROMOSIKAN KOTA SIBOLGA

Pemilihan putra-putri pariwisata / ogek dan uning kota sibolga ini adalah suatu ajang untuk memilih generasi muda kota sibolga yang terbaik, berbakat dan berwawasan luas dalam bidang kepariwisataan, yang telah disepakati menjadi sebuah kalender event/ajang tahunan dengan nama : Pemilihan putra-putri pariwisata / ogek dan uning kota sibolga tahun 2017.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Kota Sibolga, H. Haslan Efendy, S. Sos, MM menyebutkan bahwa tema yang diusung untuk tahun 2017 ini adalah Mari Kita Promosikan Keindahan Alam Dan Kuliner Kota Sibolga.

“Ajang ini sudah merupakan kegiatan rutin pada tahun sebelumnya dan kini kembali Kita gelar dengan ekspektasi serta nuansa yang berbeda dengan harapan melalui pemilihan putra-putri pariwisata / ogek dan uning kota sibolga, kita dapat wujudkan pembangunan kepariwisataan dengan melibatkan generasi muda kota sibolga yang smart/pintar, charming/mempesona & hospitable/ramah serta berwawasan kepariwisataan. Ini lah yang menjadi subtema acaranya”. Tutur beliau.

Putri Sahara Nasution, SSTP selaku Kabid Pemasaran Pariwisata menerangkan bahwa maksud dan tujuan kegiatan Pemilihan Putra/Putri Duta Pariwisata Ogek Uning Kota Sibolga ini adalah mencari sosok generasi muda yang smart/pintar, charming/mempesona & hospitable/ramah serta berwawasan kepariwisataan; meningkatkan semangat, prestasi dan kreatifitas pemuda/i kota sibolga menuju ke arah yang lebih positif; mempertahankan dan menumbuh kembangkan jiwa dan semangat mengenali negeri dan mencintai negeri khususnya terhadap generasi muda yang saat ini sangat mudah terpengaruh oleh aspek negatif yang dihasilkan dari kemajuan teknologi dan arus globalisasi; melibatkan generasi muda dalam pembangunan kepariwisataan khususnya pada aspek promosi potensi wisata bahari, pegunungan, sejarah dan kuliner kota sibolga.

Dijelaskan proses pemilihan Duta pariwisata tersebut melewati berbagai macam tahapan seleksi mulai dari penampilan fisik, kecakapan akademik, bakat dan keterampilan sehingga dapat dikerucutkan 10 pasang grand finalis.

“Kita dapat melihat bahwa tingkat partisipati terhadap acara ini sangat tinggi dengan keterlibatan pelajar, mahasiswa ataupun karyawan sehingga terjaring sebanyak 110 peserta. Peserta terdaftar melewati 4 sesi tahapan yaitu seleksi pertama, kedua, final dan puncak kompetisinya menyisakan 12 orang putra-putri calon Duta Pariwisata yang berlaga di malam grand final”. Kata Kabid menjelaskan.

Grand final yang dilaksanakan Sabtu, 23 september 2017 bertempat di Gedung Nasional Kota Sibolga merupakan malam penobatan 12 orang juara terdiri dari 6 orang putra pariwisata/ogek dan 6 orang putri pariwisata/uning yang meliputi juara I sampai dengan juara harapan III dan berhak menyandang gelar putra-putri pariwisata / ogek dan uning kota sibolga tahun 2017 dan bagi 4 pasang yang belum berhasil akan diberi penghargaan sebagai the best dari masing masing kategori yaitu, best catwalk, best kepribadian, best persahabatan, dan best favorite.

 

Pemenang berhak mendapatkan uang pembinaan dengan rincian sebagai berikut :

JUARA I        SEBESAR  Rp. 5.000.000,-

JUARA II       SEBESAR  Rp. 4.500.000,-

JUARA III      SEBESAR  Rp. 4.000.000,-

HARAPAN I   SEBESAR  Rp. 3.500.000,-

HARAPAN II  SEBESAR  Rp. 3.000.000,-

HARAPAN III SEBESAR  Rp. 2.500.000,-

Selanjutnya, ke-12 orang pemenang ini dibina dan dibekali guna disiapkan dalam menghadapi berbagai event baik itu tingkat daerah, tingkat propinsi dan nasional oleh dinas pariwisata, pemuda dan olahraga kota sibolga yang salah satunya adalah pemilihan putri pariwisata tingkat sumetara utara.

Selain persiapan mengikuti berbagai event, pemenang akan diikat kontrak oleh pemerintah kota sibolga selama 1 tahun dan akan menerima honor sebesar Rp 500.000 / bulan. oleh karena itu, harapan kami kedepan kepada seluruh jajaran yang ada dipemerintah kota sibolga dapat lebih memberdayakan dan melibatkan mereka yang terpilih dalam berbagai kegiatan yang kita laksanakan.

Berita Terkait